SMK Negeri 3 Tanjungpinang https://smkn3tpi.sch.id Mon, 17 Aug 2020 05:00:35 +0000 id-ID hourly 1 https://wordpress.org/?v=5.4.2 https://smkn3tpi.sch.id/wp-content/uploads/2020/04/cropped-Smk-3-tpi-32x32.gif SMK Negeri 3 Tanjungpinang https://smkn3tpi.sch.id 32 32 HUT RI di Masa Pandemi https://smkn3tpi.sch.id/hut-ri-di-masa-pandemi/ https://smkn3tpi.sch.id/hut-ri-di-masa-pandemi/#respond Mon, 17 Aug 2020 05:00:35 +0000 https://smkn3tpi.sch.id/?p=943 Kegiatan Pengibaran Bendera Merah Putih HUT RI yang biasanya dilaksanakan oleh seluruh warga sekolah, Tahun ini HUT RI ke 75 pengibaran bendera merah putih dilaksanakan oleh tenga kependidikan dengan menggunakan protokol Covid-19.

Kegiatan ini tidak mengurangi semangat tenaga kependidikan SMK Negeri 3 Tanjung Pinang untuk melaksanakan pengibaran bendera merah putih. Semoga Pandemi Covid-19 segera berakhir dan kegiatan persekolahan kembali berjalan normal

]]>
https://smkn3tpi.sch.id/hut-ri-di-masa-pandemi/feed/ 0
Penerimaan Mahasiswa PLP-UMRAH https://smkn3tpi.sch.id/penerimaan-mahasiswa-plp-umrah/ https://smkn3tpi.sch.id/penerimaan-mahasiswa-plp-umrah/#respond Mon, 10 Aug 2020 11:47:03 +0000 https://smkn3tpi.sch.id/?p=720 SMK Negeri 3, 10 Agustus 2020, bertempat di Ruang Rapat di laksanakan kegiatan penerimaan Mahasiswa PLP ( Pengenalan Lapangan Persekolahan ). Pelaksanaan PLP  di SMK Negeri 3 Tanjung Pinang di rencanakan  sampai dengan Tanggal 6 Nopember 2020. Jumlah mahasiswa PLP  sebanyak 10 orang, yang terdiri dari 2 Mahasiswa Bahasa Inggris, 2 Mahasiswa Kimia, 2 Mahasiswa matematika, dan 4 Mahasiswa Bahasa Indonesia.

Keegiatan PLP dalam kondisi mewabahnya Virus Covid-19, kegiatan tatap muka pembelajaran yang pada kondisi normal di ganti dengan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dengan di bimbing oleh 7 orang pamong.

Platform PJJ yang di gunakan untuk Mahasiswa PLP adalah Google Class Room, Google Formulir, dan GoogleMeet. Sebelum Pelaksanaan PLP maka akan di adakan Training penggunaan platform tersebut, agar kegiatan PLP bisa berjalan dengan baik dan lancar.

]]>
https://smkn3tpi.sch.id/penerimaan-mahasiswa-plp-umrah/feed/ 0
Waspada Covid-19 https://smkn3tpi.sch.id/waspada-covid/ https://smkn3tpi.sch.id/waspada-covid/#respond Sun, 09 Aug 2020 14:49:18 +0000 https://smkn3tpi.sch.id/?p=683 Kepada Yth:
Bapak Ibu PTK, Peserta Didik, Orang Tua Peserta didik
SMKN 3 Tanjung Pinang
Di –
            Tempat

Dengan Hormat,
Menindaklanjuti status Zona penyebaran virus Covid-19 dimana Kota Tanjung Pinang yang sebelumnya berada di Zona Hijau, tertanggal 09 Agustus 2020 Kota Tanjung Pinang berstatus zona Orange. Berkenaan dengan kondisi dimaksud kepada seluruh Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK), Peserta didik, Orang Tua/Wali Peserta didik SMK Negeri 3 Tanjung Pinang, agar selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan sesuai dengan (Intruksi Presiden No.6 Tahun 2020)

  1. Cuci tangan dengan sabun/handsanitizer sebelum memasuki area SMKN 3 Tanjung Pinang, di tempat yang telah di sediakan.
  2. Selalu menggunakan Masker jika berada di luar rumah, di lingkungan SMK Negeri 3 Tanjung Pinang baik di luar area gedung maupun di dalam gedung.
  3. Menjaga jarak selama beraktivitas di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah, menerapkan konsep kebiasaan baru.
  4. Orang Tua/Wali Selalu menjaga disiplin peserta didik selama kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ/Daring) dan meminimalkan kegiatan di luar rumah yang tidak penting.

Penyesuaian Kebijakan Pembelajaran di Masa Pandemi COVID-19 akan dilaksanakan menunggu surat edaran dari pemerintah Prov-Kepri sesuai dengan SKB 4 Menteri, yang berkaitan dengan pembelajaran tatap muka untuk mata pelajaran parktik. Atas perhatian dan kerja samanya di ucapkan terimakasih.

]]>
https://smkn3tpi.sch.id/waspada-covid/feed/ 0
CEKLIST Kesiapan Pembukaan Sekolah https://smkn3tpi.sch.id/ceklist-kesiapan-pembukaan-sekolah/ https://smkn3tpi.sch.id/ceklist-kesiapan-pembukaan-sekolah/#respond Fri, 07 Aug 2020 10:39:37 +0000 https://smkn3tpi.sch.id/?p=664 Berikut adalah ceklist kesiapan pembukaan sekolah untuk kegiatan belajar tatap muka di sekolah di tengah masa pandemi Covid-19.

  1. Ketersediaan sarana sanitasi dan kebersihan seperti toilet bersih, sarana cuci tangan dengan air mengalir menggunakan sabun atau cairan pembersih tangan (hand sanitizer), dan disinfektan.
  2. Mampu mengakses fasilitas kesehatan layanan kesehatan (puskesmas, klinik, rumah sakit, dan lainnya)
  3. Kesiapan menerapkan area wajib masker kain atau masker tembus pandang bagi yang memiliki peserta disabilitas rungu
  4. Memiliki thermogun (pengukur suhu tubuh tembak)
  5. Pemetaan warga satuan pendidikan yang tidak boleh melakukan kegiatan dari satuan pendidikan seperti memiliki kondisi medis penyerta (comordity) yang tak terkontrol, tidak memiliki akses transportasi yang memungkinkan penerapan jaga jarak, memiliki riwayat perjalanan dari zona kuning, orange, dan merah atau riwayat kontak dengan orang terkonfirmasi positif Covid-19 dan belum menyelesaikan isolasi mandiri selama 14 hari.
  6. Membuat kesepakatan bersama komite satuan pendidikan terkait kesiapan melakukan pembelajaran tatap muka di satuan pendidikan. Proses pembuatan kesepakatan tetap perlu menerapkan protokol kesehatan.
]]>
https://smkn3tpi.sch.id/ceklist-kesiapan-pembukaan-sekolah/feed/ 0
Ketentuan Pembukaan Sekolah di Masa Pandemi https://smkn3tpi.sch.id/menyongsong-kebiasaan-baru/ https://smkn3tpi.sch.id/menyongsong-kebiasaan-baru/#respond Fri, 07 Aug 2020 01:06:58 +0000 https://smkn3tpi.sch.id/?p=579

Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran pada Tahun Ajaran dan Tahun Akademik Baru di Masa Covid-19  (Info Kemendikbud https://www.kemdikbud.go.id/)

Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran pada Tahun Ajaran dan Tahun Akademik Baru di Masa Pandemi Covid-19, Satuan Pendidikan di Zona Kuning, Oranye dan Merah Dilarang Melakukan Pembelajaran Tatap Muka

Jakarta, Kemendikbud — Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bersama Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), Kementerian Agama (Kemenag), Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), dan Komisi X DPR RI mengumumkan rencana penyusunan Keputusan Bersama Empat Kementerian tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran pada Tahun Ajaran dan Tahun Akademik Baru di Masa Pandemi Corona Virus Disease (Covid-19) secara virtual melalui webinar, Senin (15/06). Panduan yang disusun dari hasil kerjasama dan sinergi antar kementerian ini bertujuan mempersiapkan satuan pendidikan saat menjalani masa kebiasaan baru.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim mengatakan, “Prinsip dikeluarkannya kebijakan pendidikan di masa Pandemi Covid-19 adalah dengan memprioritaskan kesehatan dan keselamatan peserta didik, pendidik, tenaga kependidikan, keluarga, dan masyarakat.”

Tahun ajaran baru bagi pendidikan anak usia dini (PAUD), pendidikan dasar, dan pendidikan menengah di tahun ajaran 2020/2021 tetap dimulai pada bulan Juli 2020. Namun demikian, “Untuk daerah yang berada di zona kuning, oranye, dan merah, dilarang melakukan pembelajaran tatap muka di satuan pendidikan. Satuan pendidikan pada zona-zona tersebut tetap melanjutkan Belajar dari Rumah,” terang Mendikbud Nadiem Anwar Makarim, pada webinar tersebut.

Terkait jumlah peserta didik, hingga 15 Juni 2020, terdapat 94 persen peserta didik yang berada di zona kuning, oranye, dan merah dalam 429 kabupaten/kota sehingga mereka harus tetap Belajar dari Rumah. Adapun peserta didik yang saat ini berada di zona hijau hanya berkisar 6 persen.

Nadiem menegaskan, proses pengambilan keputusan dimulainya pembelajaran tatap muka bagi satuan pendidikan di kabupaten/kota dalam zona hijau dilakukan secara sangat ketat dengan persyaratan berlapis. Keberadaan satuan pendidikan di zona hijau menjadi syarat pertama dan utama yang wajib dipenuhi bagi satuan pendidikan yang akan melakukan pembelajaran tatap muka.

Persyaratan kedua, adalah jika pemerintah daerah atau Kantor Wilayah/Kantor Kementerian Agama memberi izin. Ketiga, jika satuan pendidikan sudah memenuhi semua daftar periksa dan siap melakukan pembelajaran tatap muka. Keempat, orang tua/wali murid menyetujui putra/putrinya melakukan pembelajaran tatap muka di satuan pendidikan. “Jika salah satu dari empat syarat tersebut tidak terpenuhi, peserta didik melanjutkan Belajar dari Rumah secara penuh,” tegas Mendikbud.

Nadiem juga mengajak semua pihak termasuk seluruh kepala daerah, kepala satuan pendidikan, orang tua, guru, dan masyarakat bergotong-royong mempersiapkan pembelajaran di tahun ajaran dan tahun akademik baru. “Dengan semangat gotong-royong di semua lini, saya yakin kita pasti mampu melewati semua tantangan ini,” kata Mendikbud.

Panduan Pembelajaran Tatap Muka pada Zona Hijau

Di luar pelarangan yang berlaku di zona kuning, oranye, dan merah, tahapan pembelajaran tatap muka satuan pendidikan di zona hijau dilaksanakan berdasarkan pertimbangan kemampuan peserta didik dalam menerapkan protokol kesehatan. Dengan demikian, urutan pertama yang diperbolehkan pembelajaran tatap muka adalah pendidikan tingkat atas dan sederajat, tahap kedua pendidikan tingkat menengah dan sederajat, lalu tahap ketiga tingkat dasar dan sederajat. Itupun harus dilakukan sesuai dengan tahapan waktu yang telah ditentukan. “Namun, begitu ada penambahan kasus atau level risiko daerah naik, satuan pendidikan wajib ditutup kembali,” terang Mendikbud.

Rincian tahapan pembelajaran tatap muka satuan pendidikan di zona hijau adalah:
•    Tahap I: SMA, SMK, MA, MAK, SMTK, SMAK, Paket C, SMP, MTs, Paket B
•    Tahap II dilaksanakan dua bulan setelah tahap I: SD, MI, Paket A dan SLB
•    Tahap III dilaksanakan dua bulan setelah tahap II:  PAUD formal (TK, RA, dan TKLB) dan non formal.

Adapun sekolah dan madrasah berasrama pada zona hijau harus melaksanakan Belajar dari Rumah serta dilarang membuka asrama dan pembelajaran tatap muka selama masa transisi (dua bulan pertama). Pembukaan asrama dan pembelajaran tatap muka dilakukan secara bertahap pada masa kebiasaan baru dengan mengikuti ketentuan pengisian kapasitas asrama.

Selanjutnya untuk satuan pendidikan di zona hijau, kepala satuan pendidikan wajib melakukan pengisian daftar periksa kesiapan sesuai protokol kesehatan Kementerian Kesehatan. Kemendikbud akan menerbitkan berbagai materi panduan seperti program khusus di TVRI, infografik, poster, buku saku, dan materi lain mengenai hal-hal yang perlu diperhatikan pada fase pembelajaran tatap muka di zona hijau.

Penggunaan BOS serta BOP PAUD dan Pendidikan Kesetaraan

Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) serta Bantuan Operasional Penyelenggaraan (BOP) PAUD dan Pendidikan Kesetaraan di masa kedaruratan Covid-19 dapat digunakan untuk mendukung kesiapan satuan pendidikan. Sesuai Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 19/2020 tentang Perubahan Petunjuk Teknis BOS dan Permendikbud Nomor 20/2020 tentang Perubahan Petunjuk Teknis BOP PAUD dan Kesetaraan di masa kedaruratan Covid-19, dana dapat digunakan untuk pembelian pulsa, paket data, dan/atau layanan pendidikan daring berbayar bagi pendidik dan/atau peserta didik dalam rangka pelaksanaan pembelajaran dari rumah. Selain itu, dana BOS serta BOP PAUD dan Kesetaraan dapat digunakan untuk pembelian cairan atau sabun pembersih tangan, pembasmi kuman, masker atau penunjang kebersihan dan kesehatan lainnya termasuk alat pengukur suhu tubuh tembak (thermogun).

Untuk pembayaran honor, dana BOS dapat digunakan membayar guru honorer yang tercatat pada data pokok pendidikan (Dapodik) per 31 Desember 2019, belum mendapatkan tunjangan profesi dan telah memenuhi beban mengajar termasuk mengajar dari rumah. Mengenai persentase penggunaannya, ketentuan pembayaran honor dilonggarkan menjadi tanpa batas.

Khusus BOP PAUD dan Kesetaraan juga dapat digunakan untuk mendukung biaya transportasi pendidik. Selain itu, ketentuan persentase penggunaan BOP PAUD dan Kesetaraan dilonggarkan menjadi tanpa batas.

Adapun penggunaan BOS Madrasah dan BOP Raudhatul Athfal (RA) disesuaikan dengan petunjuk teknis yang sudah ditetapkan Kementerian Agama.

Sistem Pembelajaran di Lingkungan Perguruan Tinggi

Mengenai pola pembelajaran di lingkungan pendidikan tinggi pada Tahun Ajaran 2020/2021, Tahun Akademik Pendidikan Tinggi 2020/2021 tetap dimulai pada Agustus 2020 dan Tahun Akademik Pendidikan Tinggi Keagamaan 2020/2021 dimulai pada September 2020.

Metode pembelajaran pada semua zona wajib dilaksanakan secara daring untuk mata kuliah teori. Sementara untuk mata kuliah praktik juga sedapat mungkin tetap dilakukan secara daring. Namun, jika tidak dapat dilaksanakan secara daring maka mata kuliah tersebut diarahkan untuk dilakukan di bagian akhir semester.

Selain itu, pemimpin perguruan tinggi pada semua zona hanya dapat mengizinkan aktivitas mahasiswa di kampus jika memenuhi protokol kesehatan dan kebijakan yang akan dikeluarkan direktur jenderal terkait. Kebijakan tersebut antara lain mencakup kegiatan yang tidak dapat digantikan dengan pembelajaran daring seperti penelitian di laboratorium untuk skripsi, tesis, dan disertasi serta tugas laboratorium, praktikum, studio, bengkel, dan kegiatan akademik/vokasi serupa.

]]>
https://smkn3tpi.sch.id/menyongsong-kebiasaan-baru/feed/ 0
PENGUMUMAN PPDB-2020 https://smkn3tpi.sch.id/pengumunan-penerimaan-peserta-didik-baru-ppdb-2020/ https://smkn3tpi.sch.id/pengumunan-penerimaan-peserta-didik-baru-ppdb-2020/#respond Sat, 04 Jul 2020 12:04:32 +0000 https://smkn3tpi.sch.id/?p=476 Pengumuman Penerimaan Peserta Didik Baru  (PPDB) SMKN 3 Tanjung Pinang Akan di Informasikan Pada Tanggal 06 Juli 2020.

Kepada Calon Peserta Didik Baru Agar Pergabung Di Group Telegram, untuk mendapatkan Informasi Tentang Kegiatan Yang Akan Dilaksanakan di Satuan Pendidikan. Klik Link  INFO UNTUK PESERTA DIDIK

Kepada Orang Tua/Wali Peserta Didik Agar Bergabung di Group Telegram, Untuk Mendapatkan Informas Tentang Kebijakan Satuan Pendidikan dan Hal hal Lain yang di anggap perlu dan Perlu Penjelasan Lebih Lanjut.

Silakan Klik Link INFO UNTUK ORANG TUA/WALI PESERTA DIDIK

Peserta Didik Pada Tanggal  6 JUli 2020 Diterima Agar Melakukan :

  1. LAPOR DIRI Tanggal 07 Juli 2020 Pukul 00:00 s/d 9 Juli 2020 Pukul 23:59, Melalui LInk   LAPOR DIRI
  2. DAFTAR ULANG DI TUTUP TANGGAL 10 JULI 2020 PUKUL 12:00 WIB. Calon Peserta Didik Yang Tidak Melakukan Daftar Ulang Di Anggap Mengundurkan Diri, Link Daftar Ulang  DAFTAR ULANG PESERTA DIDIK BARU

 

PENGUMUMAN PENRIMAAN PESERTA DIDIK BARU

]]> https://smkn3tpi.sch.id/pengumunan-penerimaan-peserta-didik-baru-ppdb-2020/feed/ 0 Welcome https://smkn3tpi.sch.id/welcome/ https://smkn3tpi.sch.id/welcome/#respond Sat, 27 Jun 2020 11:14:01 +0000 https://smkn3tpi.sch.id/?p=464 SELAMAT DATANG di situs Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online Tahun Pelajaran 2020/2021

Situs Penerimaan Peserta Didik Baru dipersiapkan sebagai pusat informasi dan pengolahan seleksi data siswa peserta PPDB periode 2020/2021 secara online real time process. Informasi lengkap seputar pelaksanaan PPDB akan di update di situs ini. Bagi masyarakat dan calon siswa dapat memanfaatkan fasilitas Pesan Anda di situs ini untuk bantuan informasi lebih lanjut. Bagi anda calon peserta, harap membaca Aturan dan Prosedur pendaftaran dengan seksama sebelum melakukan proses pendaftaran.

Pendaftaran akan dibuka pada tanggal 29 Juni 2020,silahkan persiapkan diri anda untuk mendaftar

Demikian informasi ini dan terima kasih atas perhatian dan kerjasamanya.

]]>
https://smkn3tpi.sch.id/welcome/feed/ 0
Alur PPDB Online https://smkn3tpi.sch.id/alur-ppdb-online/ https://smkn3tpi.sch.id/alur-ppdb-online/#respond Mon, 22 Jun 2020 02:08:00 +0000 https://smkn3tpi.sch.id/?p=447 Alur PPDB – Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2020

Penerimaan Peserta didik Baru Kelas 10 Tahun Pelajaran 2020/2021, dilakukan secara Online Sesuai dengan Alur, jika ada hal yang perlu di tanyakan silakan klik link

TANYA PANITIA PPDB SMKN 3 TANJUNG PINANG

]]>
https://smkn3tpi.sch.id/alur-ppdb-online/feed/ 0
PPDB SMKN 3 TANJUNG PINANG https://smkn3tpi.sch.id/ppdb-smkn-3-tanjung-pinang/ https://smkn3tpi.sch.id/ppdb-smkn-3-tanjung-pinang/#respond Sun, 14 Jun 2020 02:41:08 +0000 https://smkn3tpi.sch.id/?p=430 SMK Negeri 3 Tanjung Pinang dengan Bidang Keahlian Teknologi dan Rekayasa pada tahun ini membuka 10 Kompetensi :
  1. KLik-Bisnis Kontruksi dan Properti
  2. Klik-Design Permodelan dan Informasi Bangunan
  3. KLik-Teknik Instalasi Tenaga Listrik
  4. Klik-Teknik Otomasi Industri (4 Tahun)
  5. Klik-Teknik Pemesinan
  6. Klik-Teknik Pengelasan
  7. Klik-Teknik Kendaraan Ringan Otomotif
  8. Klik-Teknik dan Bisnis Sepeda Motor
  9. Klik-Teknik Elektronika Industri
  10. Klik-Teknik Mekatronika (NEW 4 Tahun)
Silakan pilih Kompetensi Keahlian yang di ingini sesuai dengan minat dan bakat yang ada pada diri.
SMK Negeri 3 Tanjung Pinang Menjadikan anda siap untuk bekerja di Dunia Usaha dan Industri, dengan memiliki peralatan peraktek yang support dengan Dunia USaha dan Industri.

Mari Bergabung

Daftarkan diri anda secara ONLINE di Website PPDB Provinsi Kepulauan Riau Tanggal 29 Juni – 3 Juli 2020

DAFTAR DI SINI

Gunakan NISN (Nomor Induk Siswa Nasional)

JUKNIS PPDB 2020

INFO DISDIK PROVINSI KEPULAUAN RIAU

Info PPDB Disdik Provinsi Kepulauan Riau

Juknis PPDB Dinas Pendidikan Provinsi Kepri

]]>
https://smkn3tpi.sch.id/ppdb-smkn-3-tanjung-pinang/feed/ 0
Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 H https://smkn3tpi.sch.id/selamat-hari-raya-idul-fitri-1441-h/ https://smkn3tpi.sch.id/selamat-hari-raya-idul-fitri-1441-h/#respond Fri, 22 May 2020 09:35:06 +0000 https://smkn3tpi.sch.id/?p=388 Hari Raya Idul Fitri tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena adanya pandemi Covid-19.

Meski demikian, silaturahmi tetap bisa dilaksanakan dengan mengirimkan ucapan Hari Raya Idul Fitri ke saudara atau teman lewat media sosial.

Keluarga Besar SMKN 3 Tanjungpinang Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Ketua Program Keahlian, Seluruh Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah, Minal Aidin Walfaizin Mohon Maaf Lahir dan Bathin.

Semoga Amal Ibadah Kita Selama Bulan Ramadhan di Terima ALLAH SWT, Amin.

]]>
https://smkn3tpi.sch.id/selamat-hari-raya-idul-fitri-1441-h/feed/ 0